Resensi Buku "Menjadikan UKS Sebagai Upaya Promosi Tumbuh Kembang Anak Didik"

Pengembangan UKS untuk Anak Didik


Judul Buku : Menjadikan ‘UKS’ Sebagai Upaya Promosi Tumbuh Kembang Anak Didik
Penulis : Diffah Hanim, Eko Yuliastuti E.S, Marhamah, dan Nurchasanah
Penerbit : Gadjah Mada University Press
Jumlah Halaman : 99
Tahun Terbit : 2005
Cetakan ke : 1

Buku “Menjadikan ‘UKS’ Sebagai Upaya Promosi Tumbuh Kembang Anak Didik” ditulis oleh Dra. Diffah Hanim, M.Si (staf pengajar di Bagian Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran UNS), Dra. Eko Yuliastuti E.S (staf pengajar di Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Terbuka), Marhamah, S.P, dan Dra. Nurchasanah. Adapun dalam buku ini dikatakan bahwa penulis mencoba untuk mengupas secara jelas peranan UKS, khususnya dalam pemantauan tumbuh kembang anak sekolah. Selain itu, buku ini juga membahas perlunya UKS di setiap sekolah untuk mencegah terjadinya gagal tumbuh (Growth Faltering).
Bab pertama buku ini dijelaskan mengenai Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) itu sendiri yang memiliki arti sebagai upaya pelayanan kesehatan yang terdapat di sekolah yang bertujuan menangani anak didik yang mengalami kecelakaan ringan, melayani kesehatan, memantau pertumbuhan dan status gizi anak didik. UKS yang berperan sebagai pemantau pertumbuhan (Growth Monitoring and Promotion/GMP) sangat perlu dioptimalkan dengan kerja sama yang baik antara pihak-pihak yang terkait dengan UKS di sekolah dalam mengembangkan GMP untuk mencegah terjadinya gagal tumbuh (Growth Faltering). Peningkatan pemantauan pertumbuhan anak tersebut juga dapat di imbangi dengan menggunakan KMS-AS (Kartu Menuju Sehat-Anak Sekolah) dan pendidikan gizi kepada anak didik untuk mencegah Growth Faltering. Dengan begitu akan membentuk UKS yang peduli dengan anak.
Pengembangan program GMP sendiri tentunya bukan hal yang mudah bahkan ada beberapa sekolah yang bekerja sama dengan puskesmas atau swasta untuk mendapatkan hasil yang optimal. Adapun mengenai pengembangan UKS guna upaya GMP ini dibahas lebih mendalam di bab ketiga dalam buku ini yang diuraikan dalam dua subbab yaitu potensi UKS dalam GMP dan strategi upaya pengembangan UKS. Pada akhir bab buku ini pun ditutup dengan pembahasan mengenai peran UKS dalam transformasi pendidikan gizi dan GMP.
Adapun kelebihan dari buku ini yaitu penjelasannya yang sangat lengkap dengan tebal fisik buku yang bisa dibilang tipis sehingga mudah untuk dibawa. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan gambar, namun sayangnya gambarnya tidak berwarna. Selain itu dalam isi buku pun juga terdapat istilah/kata yang bagi orang yang pertama membaca cukup sulit dimengerti sehingga harus mengecek/mencari arti istilah/kata tersebut.
Akan tetapi melihat kelebihan-kelebihan buku yang ada, buku ini sangat cocok untuk dibaca untuk para guru yang ingin mengembangkan UKS untuk anak didiknya.

Untuk pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi identitas “Pengembangan UKS untuk Anak Didik” ini dapat dilihat di link dibawah ini:
Untuk peminjaman buku ini dapat di Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta, http://library.uny.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Manajemen Sekolah Dasar

Resensi Buku Metode Pendidikan Anak